Post by allulafauzia on Aug 23, 2018 16:31:27 GMT
Generasi Emas Indonesia di Tahun 2045
(Critical Thinking)
Bila kita mendengar kata emas, apa yang terpikir dalam benak kita? Barang yang berharga, barang yang mahal, barang yang indah, atau barang yang tidak ada gunanya sama sekali? Sangat jelas, pasti emas itu adalah sesuatu yang amat berharga dan semua orang ingin memilikinya. Lalu apa yang dimaksud dengan Indonesia Emas? Mengambil dari kata emas itu sendiri bahwa Indonesia emas dimana Indonesia menuju suatu proses kemajuan yang dicita-citakan dan mampu bersaing dengan negara-negara yang lebih dulu maju. Selain itu Indonesia emas juga berkaitan dengan siapa yang ada di dalamnya yang berkontribusi membawa Indonesia menjadi generasi emas. Sudah tentu adalah para generasi emas itu sendiri, yakni pemuda Indonesia, aset bangsa, harapan bangsa, yang akan membawa Indonesia ke masa keemasan. Lalu, generasi emas seperti apa yang dibutuhkan bangsa ini? Yang pasti pemuda bangsa yang memiliki karakter cerdas. Pengertian generasi emas,merupakan generasi dari suatu kumpulan atau golongan masyarakat yang berhasil meraih sukses dan kejayaan karena kerja keras dan tidak menyerah dalam berusaha.Generasi emas menjadi panutan bagi orang-orang lain karena dianggap dapat memberi motivasi dan dorongan agar bisa sukses seperti mereka. Istilah generasi emas menjadi ramai dibicarakan banyak tokoh dan pengamat pendidikan. Sejak tahun 2010 sampai 2035 Indonesia mendapatkan bonus demografi, yakni populasi usia produktif paling besar sepanjang sejarah Indonesia berdiri. Diperkirakan pada saat HUT Emas 2045 penduduk Indonesia akan mendekati setengah milyar, dan sekitar 100 juta tergolong dalam usia produktif.
Mewujudkan Generasi Emas 2045 bukanlah pekerjaan yang semudah membalikkan telapak tangan.Visi dan misi yang ingin dicapai harus dijabarkan secara konkret dan terukur ke dalam dokumen rencana pembangunan, seperti Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Terjadi pergeseran paradigma perencanaan pembangunan belakangan ini. Pendekatan perencanaan yang bersifat top-down dirasa kurang efektif dalam menjawab persoalan pembangunan. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan metode pendekatan perencanaan yang bersifat bottom-up. Pendekatan bottom-up menggunakan basis masyarakat sebagai bagian dari rencana pembangunan. Aspirasi-aspirasi masyarakat dikumpulkan dan dijadikan masukan sebagai penyusunan rencana pembangunan.Dengan begitu, masyarakat atau komunitas menjadi suatu bagian yang penting dalam perencanaan pembangunan.Hal tersebut merupakan salah satu langkah strategis yang dapat ditempuh untuk akselerasi pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Proses transformasi sosial dan peningkatan kapasitas SDM menjadi fondasi dalam konsep pembangunan berbasis manusia. Struktur penduduk Indonesia mulai mengalami pergeseran, dimana pada masa sekarang lebih didominasi oleh penduduk usia produktif, yang ditunjukkan oleh penurunan dependency ratio penduduk Indonesia yang pada tahun 2009 mencapai 54 kemudian berkurang menjadi 52 pada tahun 2012. Dengan memaksimalkan dokumen tersebut serta mengawal implementasinya, generasi muda Indonesia berpeluang untuk membangun fondasi yang kokoh bagi tercapainya Indonesia Emas 2045. Sebagai bangsa yang baru belajar berdemokrasi, trial and error, menjadi hal yang lumrah sehingga perlu perubahan pola pikir, pola konsep, pola paradigma baru yang seharusnya dapat mengubah drastis proses pembangunan sekaligus menuntut perubahan gaya hidup. Implementasinya tentu membutuhkan kreatifitas, pengetahuan, dan kesertaan masyarakat. Sedangkan dilihat dari ranah pendidikan untuk kebijakan yang diambil untuk Indonesia Emas 2045 secara dasar kebijakan perubahan kurikulum 2013, elemen-elemen perubahan, dan implikasi perubahan kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebijakan perubahan kurikulum 2013 didasarkan pada tantangan internal dan eksternal yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam rangka menyiapkan generasi yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Kebijakan kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menyempurnakan berbagai kekurangan yang ada pada kurikulum sebelumnya. Strategi-Strategi yang perlu digunakan di bidang pendidikan adalah harus mampu mendongkrak kualitas guru dan siswa atau pelajar dan tenaga didik. Artinya yang berperan utama adalah seorang pendidik dimana ia adalah pejuang awal sebelum siswa kelak menjadi kader penerus yang lebih berkualitas lagi. Dan dunia pendidikan pada tahun 2045 akan lebih melonjak positif. semua lingkup yang berperan penting adalah cara atau strategi Negara dalam menyikapi Indonesia Emas 2045. Indonesia harus mampu memiliki pemerintah yang mampu bertanggung jawab, berani dan lebih dari pemerintah periode sebelumnya, legislative maupun eksekutif.dan penduduk Negara Indonesia harus mampu mendorong kemajuan Indonesia dengan penerapan mulai dari saat ini.
Dengan demikian, maka pertanyaan diatas harus jawab dengan optimis bahwa Indonesia bisa menciptakan pemuda-pemudi berkualitas unggul yang mampu menjawab tantangan zaman menuju 100 tahun Indonesia. Lantas anak zaman sekarang harus ditanggapi serius perihal moral, pendidikan dan konsumsi konten dalam media online menyangkut teknologi yang semakin tak bisa lepas dari generasi muda milenial. Generasi Emas 2045 adalah visi mulia yang harus diemban oleh seluruh elemen masyarakat. Maka disinilah khususnya institusi pendidikan memegang peranan untuk menyiapkan masa transisi generasi muda di kemudian hari. Namun yang lebih penting adalah peran keluarga dalam menyiapkan generasi emas ini. Dengan berbasis kepada keluarga, diharapkan muncul generasi masa depan Indonesia yang memiliki kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat, menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan berperadaban unggul.
#PKKMBTPUNJ2018_3